Resep Onde-Onde Isi Gula Merah Khas Indonesia

Cara Membuat Onde Onde Ubi Isi Gula Merah Kumpulan Tips
Cara Membuat Onde Onde Ubi Isi Gula Merah Kumpulan Tips from mudahsaja.my.id

Rasa Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Onde-onde merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa manisnya. Onde-onde yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan dasar seperti tepung beras ketan, tepung terigu, santan, dan gula pasir ini memang memiliki rasa manis yang sedap. Namun, kamu juga bisa mendapatkan rasa gurih dan manis yang lebih kompleks dengan menggunakan gula merah sebagai bahan pembuat onde-onde.

Gula merah merupakan jenis gula yang berasal dari Indonesia Timur. Gula merah diperoleh dari proses penyulingan nira yang diproduksi oleh pohon aren, menghasilkan cairan kuning yang kental dan beraroma manis. Cairan ini kemudian dikeringkan, menghasilkan gula merah yang berwarna coklat. Gula merah memiliki rasa manis yang kompleks dan aroma yang harum, sehingga sangat cocok untuk membuat berbagai jenis makanan seperti kue, nastar, klepon, hingga onde-onde.

Resep Onde-Onde Isi Gula Merah

Berikut ini adalah resep onde-onde isi gula merah yang bisa kamu coba di rumah. Resep ini dimasak dengan menggunakan bahan-bahan alami, sehingga rasanya akan terasa lebih lezat dan sehat. Kamu bisa menyajikan onde-onde sebagai camilan santai atau pun sebagai hidangan utama. Yuk, simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 1 cangkir tepung beras ketan
  • 1 cangkir tepung terigu
  • 4 cangkir santan
  • 1/2 cangkir gula pasir
  • 1/2 cangkir gula merah
  • Minyak goreng

Langkah-langkah Membuat Onde-Onde Isi Gula Merah:

  1. Campur semua bahan-bahan secara bersamaan di dalam wadah. Aduk hingga merata.
  2. Ambil sedikit adonan dan bentuk seperti bola. Lalu pipihkan dengan lembut. Beri isian gula merah di tengahnya.
  3. Kemudian, bentuk lagi menjadi bola. Lalu pipihkan lagi agar gula merah tersebar merata.
  4. Panaskan minyak goreng. Masukkan onde-onde satu persatu ke dalam minyak yang sudah panas dan goreng hingga berubah warna menjadi kuning keemasan.
  5. Kemudian, angkat dan tiriskan onde-onde yang sudah digoreng. Onde-onde siap disajikan.

Varian Onde-Onde Isi Gula Merah

Selain menggunakan gula merah sebagai isian, kamu juga bisa menggunakan varian lain seperti kacang, coklat, ataupun kismis. Kamu bisa menambahkan rasa manis dengan menggunakan kombinasi gula pasir dan gula merah. Gunakan gula pasir untuk mengimbangi rasa manis gula merah agar tidak terlalu manis. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh untuk memberikan aroma yang khas.

Kesimpulan

Onde-onde isi gula merah adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia. Onde-onde ini memiliki rasa manis yang kompleks dan aromatik, sehingga sangat cocok untuk disajikan sebagai camilan santai maupun hidangan utama. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, kamu bisa membuat onde-onde isi gula merah yang lezat di rumah. Selamat mencoba!

0 Response to "Resep Onde-Onde Isi Gula Merah Khas Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel